Judul: Syarhu al-Akidah at-Thahawiyah (شرح العقيدة الطحاوية)

Pengarang: ٍِal-Imam abul Iz al hanfai, Syarah: Jama’ah minal ulama, Tahqiq: Muhammad Nashiruddin al-Albani, Penerbit: al-Maktab al-Islami, Cetakan: Kedelapan, 1984 M/1404 H, Jumlah halaman: 536 hal., Ukuran buku: 17 x 24 cm, Jilid: 1 Jilid, No Klasifikasi: 214 , Rak:38, No: 16

Syarah al-akidah at thahawiyah.jpg

Diantara karya al-Imam ath-Thahawi adalah kitab “al-Akidah ath-Thahawiyah”. Dan Kitab di atas adalah Syarah (penjelas) dari kitab tersebut.

Nama lengkap al-Imam ath-Thahawi adalah Abu Ja’far Ahmad bin Muhammad bin Salamah bin Abdulmalik bin Salamah bin Salim bin Sulaiman bin Jawwab al-Azadi ath-Thahawi. Kata ath-Thahawi adalah nisbat kepada sebuah desa di M esir.

Beliau dilahirkan tahun 239 H. Saat telah mencapai akil baligh beliau menuntut ilmu di Mesir berguru pada saudara lelaki ibunya (Qhal) yaitu Ismail bin Yahya al-Muzni rahimahullah, salah seorang ulama madzhab asy-Syafii.

Kemudian beliau mempelajari kitab-kitab madzhab Abu Hanifah hingga akhirnya mengikuti madzhab Hanafi. Namun hal ini tidak menjadikan beliau taklid dan tidak menyelisihi sebagian pendapat madzhab Hanafi.

Hal ini seperti saat beliau ditanya dalam suatu permasalahan: “Ini bukan pendapat Abu Hanifah”. lalu al-Imam ath-Thahawi menjawab: “Apakah setiap pendapat Abu Hanifah aku harus mengikutinya?” lalu dikatakan pada beliau: “Aku kira engkau orang yang taklid pada pendapat Abu Hanifah”. Lalu al-Imam ath-Thahawi berkata: “Tidaklah bertaklid melainkan orang yang bodoh”. Maka jadilah kata-kata al-Imam ath-Thahawi tersebut sebagai peribahasa di negeri Mesir dan dihafal orang-orang.

Sesungguhnya akidah al-Imam ath-Thahawi adalah akidah ahlussunnah wal jama’ah, karena sesuai dengan akidah para ulama salaf. Diantara mereka adalah Abu Hanifah an-Nu’man, Malik, asy-Syafii, Ahmad bin Hanbal dan lainnya. Sebagaimana juga sesuai dengan akidah Abu al-Hasan al-Asy’ari yang ditetapkannya di akhir-akhir hidupnya.

Daftar Isi:

مقدمة الناشر، ترجمة ابن أبي العز الحنفي، مقدمة الشيخ محمد ناصر الدين الألباني، مقدمة الشارح، وجوب الإيمان بما جاء به الرسول إيمانا عاما مجملا على كل أحد، التعريف ومعناه، توحيد الإلهية والربوبية، التوحيد المطلوب هو توحيد الإلهية الذي يتضمن توحيد الربوبية، إلىخ